Mataram-Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin telah menunjuk Enen Saribanon untuk memimpin Kejaksaan Tinggi (Kajati) di Nusa Tenggara Barat (NTB) menggantikan Bambang Gunawan.

Juru Bicara Kejaksaan Agung NTB Efrien Saputera mengatakan melalui siaran pers yang diterima di Mataram pada Kamis bahwa perubahan jabatan tersebut sesuai dengan keputusan Jaksa Agung (Kepja) RI nomor 2024, tertanggal 5-21, 2024.121

"Dalam Kepja, tertanggal 2024-5-21 disebutkan bahwa kedudukan kajian NTB diubah dari Pak Bambang Gunawan menjadi Bu Enen Saribanon," kata Efrien.

Dalam penjelasan Kepja, Bambang Gunawan mendapat promosi sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung RI di Jakarta.

Enen Saribonan sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Jambi dan tercatat menjabat sebagai Wakajati NTB antara tahun 2022 hingga 2023.

Selain pergeseran posisi KAJATI NTB, Kepja juga mencatatkan perubahan posisi Wakajati NTB dari Abdul Qohar menjadi Dedie Tri Hariyadi.

Abdul Qohar ditugaskan menduduki jabatan Wakil Jaksa Agung dan Jaksa Agung tindak pidana khusus di Kejaksaan Agung di Jakarta.

Karena penggantinya, Dedie Tri Hariyadi sebelumnya tercatat sebagai koordinator Deputi Jaksa Agung Tindak Pidana Umum di Kejaksaan Agung.

Selain penggantian personel Eselon II, lanjutnya, dikeluarkannya Kepja RI nomor 2024/5/21 untuk mutasi dan promosi personel Eselon III: KEP-523 / C/05/2024

Di wilayah NTB, jabatan Asisten Sekretaris Peradilan Pidana (Aspidum) NTB diubah dari Ikeu Bachtiar menjadi Irwan Setiawan. Diubah menjadi Wahyuhadi.

Efrien menginformasikan bahwa Ikeu Bachtiar mendapat tugas menduduki jabatan Kepala Kantor Kejaksaan Negeri (Kajari) Palopo di Sulsel.

Untuk penggantinya, Irwan Setiawan Wahyuhadi sebelumnya tercatat sebagai Kajari Kota Banjar, Jawa Barat.

"Pak Irwan juga menjabat sebagai Kepala Lombok Timur di NTB," kata Efrien.



Selain itu, jabatan Asisten Sipil dan Tata Usaha Negara (Asdatun) juga berubah dari Hillman Azazi menjadi Ade Indrawan.

Hillman Azazi dipercaya sebagai kepala Sub Direktur Pendampingan Hukum dan Audit di Direktorat Jenderal Pertimbangan Hukum Jaksa Agung Muda Sipil dan Kejaksaan Agung DKI Jakarta. Bagi penerusnya, Ade Indrawan sebelumnya tercatat sebagai Kajari Pringsewu, Lampung.

Pejabat Eselon III lainnya yang masuk dalam daftar mutasi tersebut adalah Efi Laila Kholis yang merupakan kepala Dinas Lombok Timur dan pernah bertugas sebagai kepala Kendall untuk digantikan oleh Hendro Wasisto yang sebelumnya menjabat sebagai koordinator di Kantor Kejaksaan Agung Papua.

Orang yang saat itu bertugas sebagai Kajari Dompu Marlambson Carel Williams Kajari Labuhan Batu digantikan oleh Burhanuddin yang sebelumnya menjabat sebagai koordinator di Kantor Kejaksaan Agung NTB.

Selain Burhanuddin, Kejaksaan Agung NTB yang mendapat promosi sebagai Kajari ini memiliki beberapa, yaitu Karya Graham Hutagaol sebagai Kajari Samosir, I Wayan Oja Miasta sebagai kajari Malinau dan Dezi Setiapermana sebagai Kajari Lamandau.

Terakhir Sutikno, pengurus Kejaksaan Tinggi NTB yang mendapat amanat menjabat sebagai Kajarisidenrengrappang di Sulsel.