Jakarta-Berbagai acara hukum mulai Senin (27/5) hingga Sabtu (1/6) selama 1 minggu akan digelar di Sankt Peterburg hingga Mahkamah Agung (MA) mengizinkan uji penting batas usia minimum calon kepala daerah chiefs.It menjadi sorotan pengumuman Jaksa Agung Burhanuddin tentang angka kerugian baru kasus korupsi timah.

Berikut rangkuman berita hukum dalam sepekan yang menarik untuk dibaca kembali:

Jaksa Agung menyebut hilangnya korupsi timah sangat besar.

Jaksa Agung menyebut kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan perdagangan timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk dari tahun 2015 hingga 2022, berdasarkan hasil audit BPKP sebesar Rp300, 003 triliun. Itu.

" Awalnya kami perkirakan Rp271 triliun, namun setelah diaudit BPKP ternyata nilainya sangat bagus sekitar Rp300.003 triliun, " kata Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dari Kejaksaan Agung di Jakarta,Rabu.

Hasil audit Badan Pengawasan Pembangunan Keuangan (BPKP) disampaikan oleh Ketua BPKP Muhammad Yusuf Ateh kepada Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin.

Baca selengkapnya

SYL membeli tas Balenciaga Pedangdut Nayunda Nabla dengan kalung emas

Penyanyi Dandut Nayunda Nabla telah mendapatkan penghargaan brand Balenciaga oleh Menteri Pertanian periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL). 22
Nayunda menjelaskan tas dan kalung emas Balenciaga diberikan oleh SYL pada tahun 2023 melalui Dirjen Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian Muhammad Hatta, namun cincin tersebut tidak diungkapkan oleh siapapun.

" Kalung emas itu ada di dalam kantong kertas dengan tas Balenciaga hitam, jadi tuan dan nyonya, berikan padaku. Kalau lupa cincinnya," kata Nayunda saat menjadi saksi dalam rapat peninjauan kembali di Pengadilan Korupsi DKI Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya

Calon asal Korea Utara Penjinakan Aceh dibawa ke penyidikan pidana terkait sabu seberat 70 kg

Pada calon Tamiang Aceh berinisial s anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Bupati (Calon Asal Korea Utara), Senin, tersangka narkoba sabu seberat 70 kg Dia dibawa dari Aceh ke penyidikan pidana Polri untuk menjalani pemeriksaan intensif terkait tindak pidana tersebut.

Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarko) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Mukti Juharsa mengatakan tim penyidik dan tersangka akan tiba di bandara Soekarno Hatta di Tangerang pada Senin sore.

"Sore ini (tersangka) dibawa ke Bareskrim," kata Mukti.

Tersangka meninggalkan Kabupaten Aceh Tamian menggunakan jalur darat, menuju Bandara Medan Kuala Lumpur dalam waktu tempuh 3 jam, kemudian menuju Jakarta menggunakan Maskapai Lion Air Group dan kemudian ke Bandara Soekarno Hatta.

Baca lebih lanjut

Presiden Jokowi telah memerintahkan Kapolri untuk menjaga transparansi kasus Vina

Presiden Jokowi telah memerintahkan Kapolri Pol Listyo Sigit Prabowo untuk mengawal pembunuhan vina dan pacarnya, Muhammad Rizky atau Eky dari Cirebon, dan menjaga transparansi kasus Vina. Kami mengendalikannya secara terbuka dan transparan.

Berdasarkan rekaman audio yang diterima di Jakarta, Presiden Jokowi menanggapi pertanyaan media tentang kejadian viral pembunuhan Vina di Cirebon

"Tanya Kapolres. Saya sampaikan kepada mereka bahwa kejadian itu benar-benar dikawal dan transparan, semuanya terbuka, " kata Presiden Jokowi Kamis usai mengunjungi Pasar Rawan Agung di Kabupaten Musilawas, Provinsi Sumatera Selatan.

Selengkapnya

Mahkamah Agung mengabulkan Judicial review batas usia minimal calon Kepala Daerah

Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan judicial review dari Garda Partai Republik Indonesia (Partai Garuda) mengenai batas usia minimal calon kepala daerah.

Putusan ini masuk dalam Putusan nomor 2024P / HUM / 5/29 yang diputuskan oleh Majelis Hakim Mahkamah Agung pada Rabu 23/2024.

"Mengabulkan permohonan keberatan atas hak uji materi dari pemohon Partai Garda Republik Indonesia (Partai Garuda), seperti dikutip dari laman resmi Mahkamah Agung DKI Jakarta," bunyi putusan tersebut, Kamis.

Baca lebih lanjut