Jakarta-Novak Djokovic mundur dari Prancis Terbuka jelang laga perempat finalnya melawan Casper Rood akibat cedera lutut yang dideritanya di babak sebelumnya.

" Sangat menyedihkan mengumumkan bahwa kami harus mundur dari Roland Garros, " tulis Djokovic di media sosial.

"Saya bermain dengan sepenuh hati dan memberikan segalanya untuk pertandingan kemarin dan sayangnya, karena robekan pada meniskus medial lutut kanan saya, saya dan tim mengalami kesulitan setelah pertimbangan dan konsultasi yang cermat"

Penyelenggara turnamen awalnya mengumumkan pengunduran dirinya, Selasa (4/6) Pemindaian MRI mengungkapkan sejauh mana cederanya.

Petenis nomor satu Dunia dan juara Grand Slam 24 jam Djokovic dijadwalkan bertanding melawan Ruud pada Rabu untuk memperebutkan empat tempat terakhir. Djokovic mengalahkan Lourdes dengan straight set di final Roland Garros tahun lalu.



Ludo akan menghadapi unggulan keempat Alexander Zverev atau unggulan ke-11 Alex de Minaur di semifinal pada hari Jumat.

Djokovic meragukan kebugarannya setelah kemenangan 5 set, Senin (3/6) atas Francisco Cerndoro, mengaku membutuhkan obat anti inflamasi untuk melewati laga.Djokovic mengaku membutuhkan obat anti inflamasi untuk menjalani pertandingan.

Djokovic ke Serndoro 6-1,5-7,3-6,7-5,6- Dalam kemenangan 3 menyalahkan mantel "licin" Philippe Chatrier atas cedera yang dideritanya di awal set kedua.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi besok atau lusa jika saya bisa bermain di lapangan. Saya harap begitu, mari kita lihat apa yang terjadi," kata Djokovic setelah mencatatkan kemenangan Grand Slam ke-370.

" Selama beberapa minggu terakhir, saya mengalami sedikit ketidaknyamanan di lutut kanan saya, tetapi saya sama sekali tidak mengalami cedera yang perlu dikhawatirkan.

"Saya menggunakannya untuk bermain di beberapa turnamen, dan sampai hari ini tidak ada masalah," kata pemain berusia 37 tahun itu.

Djokovic telah diuji batas fisiknya dengan kerja keras selama empat jam 26 menit habis melawan Lorenzo Musetti di babak ketiga yang berakhir pukul 3:07 waktu setempat pada Minggu (29/29) pagi.

Dia sempat mengeluh tentang keadaan lapangan tanah liat selama pertandingan melawan Musetti, dan lagi di Ronde 16 dia melakukan hal yang sama dan meminta untuk menyapu lapangan lebih teratur.

" Bisakah kita mencegah cedera ini?" Mungkin jika kami lebih memperhatikan pengadilan," kata Djokovic.

Cederanya memperpanjang awal terburuknya musim ini sejak 2018, ketika dia tidak memenangkan satu turnamen pun hingga memenangkan gelar Wimbledon.

Djokovic terakhir mundur pada AS Terbuka 2019 di Grand Slam, ketika masalah bahu memaksanya mundur melawan Stan Wawrinka di babak 16 besar.

Dia sekarang bersaing dengan waktu untuk menyesuaikan Wimbledon, yang dimulai pada 7/1. Djokovic adalah pemenang 7 kali di All England Club dan telah menggeser 1 gelar Roger Federer.