Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog klinis anak dan remaja di Institute of Applied Psychology, Universitas Jakarta, Indonesia, mengkhotbahkan kriteria taman bermain yang ideal untuk mendukung tumbuh kembang anak.

"Anak-anak seusia yang dititipkan ke daycareatau daycare (sekitar 6 bulan sampai 6 tahun) masih membutuhkan banyak mobilitas, dan karena mobilitasnya yang sangat tinggi, sulit bagi anak untuk bergerak
," katanya.
Selain itu, menurutnya, juga harus ada tempat untuk kegiatan outdoor baik di pagi hari maupun di malam hari.

"Selanjutnya, kita membutuhkan mainan yang dapat merangsang semua indera, mulai dari penglihatan, kinestetik, taktil, sensorik, dan pendengaran, tergantung usia," katanya.

Dan dia juga menyebutkan pentingnya menyediakan buku bergambar yang sesuai dengan usia anak.

"Ada kalanya pengasuh membacakan buku untuk anak-anak mereka," katanya.

Bella juga menyebutkan pentingnya orang tua bebas dari perangkat saat bermain dengan anaknya.

"Waktu yang ideal untuk bermain dengan seorang anak adalah ketika anak atau orang tua sedang santai atau santai dan tidak terganggu oleh masalah lain, dangadget
adalah waktu terbaik untuk bermain dengan seorang anak."
Menurutnya, sangat penting bagi orang tua untuk meluangkan waktu bermain dengan anaknya, karena hal tersebut mempengaruhi tumbuh kembang mereka.

"Sebagai orang dewasa yang paling dekat dengan anak yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan anak, penting bagi orang tua untuk menyadari bahwa bermain adalah kebutuhan anak, tidak hanya untuk menikmatinya, tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangannya.," katanya.

Hari ini, 6/11, 2024/3/25 ditetapkan sebagai Hari Bermain Internasional dengan nomor Resolusi: A / RES / 78 / 268, bersama dengan banyak mitra global yang memperjuangkan hak bermain untuk anak-anak.