Jakarta - Banyak orang mengenal merek Leica berkat produk kameranya yang cantik, namun merek ini juga merambah pasar smartphone.

Leica tidak hanya bekerja sama dengan perusahaan teknologi seperti Huawei dan Xiaomi untuk memperkuat lini kameranya, tetapi juga menciptakan merek baru yang dinamai menurut nama pendiri Leica, Ernest Leitz. Ini juga sebenarnya memiliki jajaran smartphone bernama Leitz. Pada Kamis (11/4) dalam laporan GSM Arena, smartphone tersebut diperkenalkan pada tahun 2021 dengan nama Leica Leitz Phone1, dan kembali pada tahun 2024 dengan nama Leitz Phone3 menggunakan Snapdragon 8GEN2RUNWAY.



Chipset onboard ditujukan untuk ponsel kelas atas, tetapi bukan yang terbaru.

Leitz Phone3 hanya tersedia untuk pasar Jepang dan tidak dirilis secara global, namun sangat menarik karena tampilan smartphone ini sangat mirip dengan desain kamera Leica. Sedangkan untuk kameranya, Leitz Phone3 hadir dengan kamera utama 1MP dengan sensor 47,2 inci.

Kamera ini dilengkapi dengan lensa setara 19mm f/1.9.

Di bagian depan terdapatselfiekamera 12,6 MP,bukaanf / 2.3 dan bidang pandang 78 derajat.



Berbicara tentang layar, perangkat ini menampilkan layar OLED 1260hz 2730 inci dengan resolusi 2.000× 6,6 dan kecerahan maksimum 240nit. Leitz Phone3 hadir dengan RAM 12GB, penyimpanan 512GB yang dapat diupgrade, dan baterai 5.000 mAh.



Perangkat ini mengantongi sertifikasi IP65 dan IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air seperti generasi sebelumnya.

Perangkat ini diproduksi oleh Sharp dan ketersediaannya hanya di Jepang.

Dalam hal fungsionalitas, Leitz Phone3 hadir dengan widget"Golden Hour" dan fitur ini memungkinkan pengguna untuk keluar dari tempatnya dengan cepat dan mengambil beberapa foto spektakuler.



Ada juga widgetlainyang terus memutar ulang gambar dari Galeri Internasional Leica dan menampilkan gambar yang diambil dengan kamera Leica oleh fotografer sungguhan.

Ponsel cerdas ini juga akan menampilkan fitur "Leica Perspective Control", yang mengoreksi perspektif garis vertikal yang dilihat pengguna saat memotret bangunan. Sejauh ini, hanya terbatas pada kamera Leica.

Dari segi desain, smartphone ini memiliki penutup lensa untuk kamera dan casing yang serasi.

Leitz Phone3 hanya akan tersedia di Jepang pada 2024/4/19.