Menemukan baterai ponsel yang cepat "mati" saat berada di luar rumah bisa membuat frustasi. Seperti dilansir Gizchina pada hari Minggu, berikut adalah alasan mengapa baterai cepat habis dan cara mengatasinya:

Tingkat kecerahan layar yang lebih rendah

Kecerahan layar yang lebih tinggi adalah alasan paling jelas mengapa baterai ponsel Anda cepat habis. Sangat mudah untuk melihat teks di layar dengan kecerahan yang sepenuhnya ditingkatkan, tetapi kecerahan yang tinggi sangat menguras baterai ponsel.

Kabar baiknya adalah memperbaiki masalah ini tidak rumit. Cukup buka pengaturan kecerahan ponsel dan turunkan penggeser.

Kemudian biarkan pengaturan Penyesuaian Kecerahan Otomatis menyala. Fungsi ini dapat memeriksa intensitas pencahayaan sekitar pengguna melalui sensor jarak dan secara otomatis menyesuaikan kecerahan ponsel.



Aktifkan mode Gelap)

Sebagian besar ponsel saat ini menggunakan layar OLED dan menawarkan mode tampilan seperti tema gelap atau terang, biasanya dengan latar belakang berwarna putih atau hitam.

Dalam mode gelap, panel ponsel tidak menyala saat Anda melihat gambar hitam pekat di layar, yang dapat menghemat banyak daya.

Tutup aplikasi di latar belakang

Beberapa aplikasi perlu dijalankan di latar belakang untuk pengalaman ponsel terbaik. Misalnya, aplikasi VPN, media sosial, kalender, kesehatan, antivirus, dll. Namun, selain itu, beberapa aplikasi akan tetap berjalan meskipun pengguna tidak menutupnya.

Membiarkan aplikasi berjalan di latar belakang akan menguras baterai ponsel dengan cepat karena mengelola banyak memori dan menghabiskan daya.

Selain mengaktifkan opsi "Pengoptimalan Baterai" di pengaturan untuk menjaga status baterai, pengguna harus membangun kebiasaan menutup aplikasi yang tidak diinginkan yang berjalan di latar belakang setelah mereka selesai menggunakannya.



Periksa Semua Koneksi nirkabel

Menjaga ponsel Anda tetap terhubung ke WiFi, perangkat Bluetooth, dan data seluler mungkin selalu tampak seperti ide yang bagus, tetapi sebenarnya tidak.

Jika ponsel terhubung ke beberapa jaringan nirkabel, baterai perlu melakukan banyak pekerjaan dan menghabiskan banyak daya.

Jadi, di rumah, matikan data jaringan seluler dan biarkan ponsel hanya terhubung ke WiFi. Selain itu, saat Anda keluar, matikan pengaturan WiFi dan Bluetooth jika Anda tidak terhubung ke jaringan. Facebook Facebook Instagram Facebook Instagram Facebook

Periksa semua aplikasi pelacakan lokasi

Banyak aplikasi di ponsel Anda, seperti Google Maps, TaxiOnline, Facebook, Instagram, lacak lokasi Anda Pengguna mungkin mengira bahwa aplikasi tersebut hanya melacak lokasi saat digunakan. Tidak selalu demikian, tetapi tidak selalu demikian. Beberapa terus memantau lokasi dan dengan cepat membuat baterai ponsel habis.

Matikan pengaturan lokasi saat Anda tidak menggunakan salah satu aplikasi ini. Ini akan mencegah aplikasi pelacakan lokasi menghabiskan sumber daya ponsel Anda saat tidak digunakan.

Ganti jika baterai sudah tua

Dalam beberapa kasus, bukan pengaturan aplikasi atau telepon yang menguras baterai. Sebaliknya, baterai ponsel akan cepat habis, karena baterai sudah cukup tua atau rusak.

Bergantung pada model ponsel, pengguna biasanya perlu mengganti baterai setelah dua atau tiga tahun. Setelah periode ini, baterai ponsel cenderung tidak dapat terisi daya dengan baik. Beberapa ponsel akan memberi tahu pengguna saat kondisi baterai terlalu buruk dan menyarankan untuk menggantinya.