Bandar Lampung - Polda Lampung (Subdit I Indagsi Ditreskrimus Polda Lampung) berhasil mengungkap kasus penjualan oli palsu dengan menggunakan merek milik PT ASTRA Honda Motor (AHM MPX). Dirreskrimsus Polda Lampung Kombes Pol Dony Arief di Bandar Lampung, Jumat, mengatakan kasus pemalsuan merek oli tersebut merupakan tindak pidana kejahatan di mana para pelaku melakukan tindak pidana memproduksi dan menjual oli milik PT Astra Honda Motor tanpa dilengkapi dengan izin resmi. Dia menyatakan. "Penangkapan peredaran oli palsu oleh pelaku berinisial HT (59), warga Jakarta, terkait adanya satu unit truk Colt Diesel dengan nomor polisi Z 9645 DA, yang mengangkut 300 dus oli yang diangkut dari Tanggerang, Banten, untuk didistribusikan di wilayah Lampung. Berawal dari informasi yang diterima oleh penyidik".



Dia menyatakan bahwa dari informasi dari sopir truk dan Carnet, mereka menunggu informasi dari HT sebagai pemilik barang untuk melakukan pengiriman.

"Penyidik kemudian melakukan pengembangan di daerah Tanggerang yang merupakan lokasi pembuatan oli palsu dan menemukan tujuh orang pekerja dengan menggunakan dua mobil Grand Max sedang melakukan aktivitas membersihkan tempat tersebut dari puing-puing produksi dan pengemasan oli palsu," kata Donnie. Atas perbuatannya, pelaku melanggar pasal 100 ayat 1 UU RI No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU RI No. 2 Tahun 2022 tentang Hak Cipta, pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).

Barang bukti yang disita oleh polisi adalah sebagai berikut:

- satu unit truk Colt diesel warna merah muda dengan nomor polisi Z 9645 DA.
- 150 dus oli merek AHM MPX-1
- 1 buah handphone android merek Redmi
- 2 buah mobil Daihatsu Grand Max No Pol Z 8444 EA dan D 8070 TQ
- 1 bundel nota pembelian
- 2 buah setrika
- Nomor seri botol 2 alat cetak
- 1 teko untuk menyaring oli dan menuangkan ke dalam botol
- 2 tangki drum berkapasitas 200 liter
- 5 kantong tutup botol
- 1 plastik segel tutup botol
- 1 dus stiker kemasan bermerek AHM. 1 dus stiker kemasan
- 1 mesin pencetak kode produksi pada botol
- 1 ember pewarna
- 1 dus botol oli MPX I dan gearbox
- 58 kantong kemasan botol putih ukuran 800 ML
- 1 kantong kemasan botol putih ukuran 1 liter
- AHM Oil MPX 2 merek AHM 28 bundel kardus merek AHM Oil MPX 2 dan 22 bundel kardus merek AHM Oil MPX I
- 24 bundel kardus merek AHM Transmission Gear Oil.