JAKARTA - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat menyiagakan 50 pompa apung untuk mengatasi banjir yang kerap melanda wilayah tersebut saat hujan deras. Pompa apung ini diharapkan dapat segera mengurangi genangan air di jalan protokol, jalan raya, dan gang-gang sempit. “Fungsinya untuk mengatasi banjir di gang-gang sempit yang sulit dipasang pompa mobile,” kata Pulwanchi Suryandari, Wakil Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, kepada pers di Jakarta, Jumat. Selain itu, Purwanchi mengatakan bahwa pompa apung juga dapat mengosongkan air dari saluran air untuk tujuan menguras dan memperdalam dasar saluran air. “Bisa juga digunakan untuk tujuan dehidrasi (pengeringan) saluran air dan untuk pembuatan tanggul dan tiang pancang,” kata Pulwanti.

Hingga saat ini, Suku Dinas SDA telah menyiapkan sebanyak 50 pompa apung di seluruh wilayah Jakarta Barat di tingkat kecamatan atau unit pelaksana teknis kelurahan.

Purwanti mengatakan bahwa 50 pompa apung tersebut siap beroperasi setiap kali terjadi banjir atau genangan di Jakarta Barat. “Pompa-pompa ini akan kami siagakan jika terjadi banjir,” katanya.

Sebagian dari 50 pompa tersebut telah ditempatkan di beberapa lokasi dan kelurahan untuk mengantisipasi banjir (Siaga).