Madinah - Tim Layanan Transportasi Sektor IV Madinah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1444H/2023 M mengerahkan petugas untuk menyisir koper jemaah untuk memastikan tidak ada tas jemaah yang tertinggal di dalam bus.

Pemantauan di lapangan menunjukkan bahwa pada hari Sabtu, pada saat kedatangan bus jamaah haji dari Kloter 9 (SOC) di Hotel Samad Diamond di Madinah, setidaknya ada lima petugas yang menyisir koper-koper jamaah haji yang tiba di setiap bus. Ahmad Nadif, Koordinator Transportasi Sektor IV Madinah, menjelaskan bahwa sejauh ini tidak ada kendala yang ditemukan dalam layanan transportasi Sektor IV dan semuanya berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

“Sektor IV berjalan lancar. Kemarin ada dua hotel yang sempat down karena Kloter JKG. Kami harus meminta bantuan dari Daker karena kami terpisah di hotel saat membawa koper dari Hotel Al Anwar ke An Najar Attaqwa. Tapi semuanya sampai ke jamaah dengan selamat,” katanya di Madinah, Sabtu.




Nadif menjelaskan bahwa layanan transportasi memiliki satu atau dua orang yang memeriksa bus setelah jamaah turun, untuk memastikan bahwa barang bawaan jamaah tidak tertinggal di bus.

“Satu atau dua orang masuk ke dalam bus dan memeriksa semua kursi, di bawah kursi, dan apakah ada barang bawaan yang tertinggal. Sampai saat ini, tidak ada jamaah yang mengeluh tentang kehilangan barang,” katanya. Menurut Nadif, tim transportasi Sektor IV Madinah terdiri dari lima orang yang terdiri dari empat orang PPIH dan satu orang tenaga musiman.

“Alhamdulillah, kami memenuhi harapan Anda. Komunikasi mengenai nama dan nomor telepon seluler pengemudi diminta dari Temus (tenaga musiman, red). Komunikasi yang baik dengan semua pengemudi bus. Mereka sabar dan mau mengerahkan yang sudah kami atur. Jadi kami mengantar para lansia dengan lancar dan tidak ada keluhan,” katanya.




Nadif menambahkan bahwa pada hari Sabtu, ada empat kelompok jemaah yang tiba di Sektor IV:


“Jemaah haji dari SOC 9 ditempatkan di satu hotel, SOC 10 yaitu Samad Diamond, Juansalam, dan Anshar Al Madinah. dan Anshar Al Madinah, jika ada tiga hotel.

Amhar Khayfahmi, ketua rombongan SOC 9 (embarkasi tunggal), mengaku puas dengan pelayanan petugas haji tahun ini.

Dia mengakui bahwa sejak dari embarkasi hingga tiba di hotel di Madinah, para petugas dengan cepat memenuhi kebutuhan 359 jamaah.

“Saat kami belum berangkat, ada jamaah yang sudah lanjut usia dan kami membutuhkan lima kursi roda untuk mereka, tapi tidak butuh waktu lama kursi roda itu datang,” katanya.

Menurut data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga Sabtu pagi, sebanyak 47 kloter (18.181 orang) telah mendarat di Madinah.