JAKARTA - Keputusan pengadilan Brasil untuk memblokir X (sebelumnya bernama Twitter) tampaknya menguntungkan para pesaingnya, terutama Bluesky. Platform microblogging tersebut mengumumkan pada Jumat (30/8) malam waktu setempat bahwa mereka telah mencatatkan rekor aktivitas dengan 500.000 pengguna baru dalam dua hari terakhir.

Hari ini, Bluesky juga menempati posisi pertama dalam peringkat aplikasi iPhone gratis di Brazil, mengungguli Metas Thread yang berada di posisi kedua.

“Brasil melakukannya dengan baik, mereka membuat pilihan yang tepat,” kata CEO Blue Sky, Jay Graber, menanggapi peringkat tersebut.



Pertumbuhan ini sangat mengesankan untuk sebuah platform yang baru dibuka untuk umum pada bulan Februari, dan dengan mendeskripsikan dirinya sebagai raja kecil aplikasi sosial, Blue Sky dengan rendah hati mengakui ukurannya yang kecil (terutama dibandingkan dengan saingannya seperti X dan Thread)

Perusahaan ini memiliki lebih dari 6 juta pengguna pada Mei 2024.

Bluesky pertama kali diumumkan pada tahun 2019 sebagai inisiatif yang didukung oleh Twitter untuk membangun protokol sosial yang terbuka dan terdesentralisasi.



Sejak saat itu, platform ini telah menjadi perusahaan publik independen dan pendiri Twitter, Jack Dorsey, keluar dari jajaran direksi pada awal tahun ini.

Sementara itu, X milik Elon Musk telah terlibat dalam pertarungan hukum yang semakin memanas dengan Hakim Mahkamah Agung Brasil Alexandre de Moraes atas penolakan perusahaan untuk memblokir akun-akun tertentu sebagai bagian dari tindakan keras yang lebih luas terhadap apa yang disebut Moraes sebagai disinformasi pemilu Perusahaan telah terlibat di dalamnya.



X mengumumkan pada awal bulan ini bahwa mereka akan menghentikan operasinya di Brasil dan Moraes kemudian memperingatkan bahwa ia akan mengusir perusahaan tersebut kecuali jika mereka menunjuk perwakilan hukum di negara tersebut.

Dia melaksanakan ancaman ini pada hari Jumat dan juga mengancam akan mendenda pengguna yang mencoba menghindari larangan dengan menggunakan VPN.

Sebelum pelarangan tersebut, Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva tampak mengucapkan selamat tinggal kepada para pengikutnya di X dengan menautkan ke akun media sosialnya yang lain, termasuk Bluesky. Hal ini disiarkan oleh TechCrunch pada hari Sabtu (31/8).