JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendorong pertumbuhan basis nasabah di luar negeri, salah satunya dengan menyiapkan layanan remitansi bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia, sejalan dengan upaya menggenjot dana murah. Ini untuk. SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih mengatakan per Juni 2024, bisnis remitansi BSI telah mencapai 1 juta transaksi. Artinya, kebutuhan transaksi PMI di luar negeri cukup tinggi. "Untuk itu, kami akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra remitansi kami dengan skala yang lebih kuat dan lebih besar, terutama di negara-negara yang memiliki jumlah PMI yang tinggi. Terlebih lagi, transaksi PMI didominasi oleh transfer bank, e-wallet, dan penarikan tunai,” kata Saut di Jakarta, Kamis. Saut berharap bahwa sosialisasi yang berkelanjutan kepada PMI dan perluasan jaringan mitra remitansi akan memberikan kemudahan layanan, serta peningkatan jumlah nasabah.

Untuk memacu pertumbuhan jumlah nasabah di negara tetangga, BSI memperkenalkan produk dan layanannya kepada para PMI di Malaysia pada acara Pesta Rakyat untuk meningkatkan literasi keuangan. Acara ini diselenggarakan oleh BSI bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) pada hari Minggu (25/4) di halaman kantor KJRI Johor Bahru dan dihadiri oleh lebih dari 2.000 PMI. Acara ini juga merupakan bentuk komitmen BSI dan KJRI Johor Bahru untuk mendukung ekonomi syariah bagi masyarakat Indonesia di Malaysia. Pada acara Pesta Rakyat yang diselenggarakan di Kompleks KJRI Johor Bahru, PMI mendapatkan kemudahan untuk membuka rekening melalui BSI Mobile dengan menggunakan nomor handphone lokal Malaysia. Hal ini menunjukkan bahwa perbankan syariah kini menjadi sangat mudah dan tersedia bagi semua orang, di mana saja, kapan saja, lanjut Saud. Dalam hal ini, perusahaan akan mengakselerasi layanan digital BSI Mobile, menjadikannya sebagai one-stop solution, terutama bagi para pekerja migran. Sementara itu, Konsul Jenderal Malaysia untuk Indonesia Sigit Suryantoro Widiyanto menyatakan dukungannya terhadap inisiatif BSI untuk meningkatkan layanan bagi para pekerja migran di Malaysia. “Saya berharap BSI dapat terus bekerja sama dengan KJRI Johor Bahru dan memberikan manfaat bagi PMI di Malaysia pada khususnya,” ujar Sigit.
Pada kesempatan yang sama, BSI juga menjalin kerja sama dengan mitra remitansi, SMJ Teratai Sdn. Bhd. yang merupakan mitra strategis dalam pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia, di mana para PMI dapat mengirimkan uang secara real time dengan biaya dan tarif yang kompetitif melalui cabang-cabang dan agen-agen SMJ di Malaysia. Pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia dapat dilakukan melalui cabang dan agen SMJ di Malaysia dengan biaya dan tarif yang kompetitif. Menurut Stella Yong, PMI juga dapat mengirim uang ke Indonesia melalui aplikasi Ewang, yang memungkinkan pelanggan untuk mengirim uang dengan mudah kapan pun dan di mana pun.