Aceh Timur - Nomor beregu PON XXI Aceh Cabang Olahraga Sepaktakraw Sumatera Utara mulai bertanding di Gedung Gelanggang Olahraga Idi di Kabupaten Aceh Timur, Idi. Ilyas Koordinator Humas Cabang Olahraga Sepaktakraw PON XXI Aceh Sumut di Aceh Timur, Senin, mengatakan, jumlah tim tersebut terdiri dari putra dan putri dengan total 18 pertandingan. "Kompetisi beregu akan dimainkan dalam dua grup yang terdiri dari delapan provinsi untuk putra dan putri. Pemenang dan runner-up grup akan langsung melaju ke babak semifinal,” kata Ilyas.

Provinsi yang berpartisipasi di nomor beregu putra adalah Grup A yang terdiri dari Sumatera Utara, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan, sedangkan Grup B terdiri dari tuan rumah Aceh, Jawa Timur, dan Sumatera Barat. Sementara itu, nomor beregu putri Grup A terdiri dari tuan rumah Aceh, Jawa Timur dan Sumatera Utara. Dan Grup B diisi oleh DKI Jakarta, Provinsi Riau dan Sulawesi Selatan.

“Dari 18 nomor beregu baik putra maupun putri, 12 di babak kualifikasi dan enam lainnya di babak sistem gugur hingga partai puncak atau final,” kata Ilyas.

Aziz Abdul Hakim, Technical Representative Sepaktakraw PON XXI Aceh, sebelumnya menyatakan bahwa 10 medali emas akan diberikan dari cabang olahraga ini

“Di Sepaktakraw, ada 10 medali emas, lima dari putra dan lima dari putri. SepakTakraw PON XXI akan mulai dipertandingkan pada 7-19 September 2024,” kata Aziz Abdul Hakim.

Sedangkan jumlah nomor pertandingan di cabang olahraga SepakTakraw PON XXI Aceh-Sumatera Utara adalah nomor beregu, nomor regu, nomor double, nomor double dan nomor quadrant untuk putra dan putri.

Sebanyak 192 atlet dari 26 provinsi mengikuti cabang olahraga Sepaktakraw PON XXI Aceh-Sumatera Utara. Jumlah atlet tersebut belum termasuk tuan rumah provinsi Aceh yang mengikuti seluruh pertandingan cabang olahraga Sepaktakraw PON XXI Aceh-Sumatera.

“Stadion SepakTakraw di Gedung Sport Centre Idi, Aceh Timur, dibangun untuk memenuhi standar kompetisi internasional,” kata Aziz Abdul Hakim.