Aceh Timur - Sulawesi Selatan (Surusel) akan melawan Jawa Timur (Jatim) pada final ganda putra Sepaktakraw Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Sulsel mengalahkan Sumut dengan skor 2-0 untuk melaju ke partai puncak pada semifinal di Gedung Gelanggang Olahraga Idi di Idi, ibu kota Aceh Timur, pada Minggu. Kemenangan Sulawesi Selatan diraih oleh tim yang menyerang lebih dulu, 15-17, 15-12. Demikian pula dengan tim kedua yang menang 15-5, 15-5 untuk menghentikan perlawanan anak-anak Sumatera Utara.

Sementara itu, Jawa Timur berhasil memenangkan empat pertandingan terakhir di Jakarta dengan skor 2-0. Kemenangan Jawa Timur diraih oleh tim pertama dengan poin 16-17, 15-6 dan 15-2. Tim kedua kemudian menang dengan skor 15-11, 15-11.

Pelatih SepakTakraw Sulawesi Selatan, HM Amkar, mengatakan bahwa tim bermain dengan tenang dan menjalankan strategi yang sudah diarahkan, sehingga mampu memenangkan pertandingan.

“Sumatera Utara adalah tim yang bagus. Tapi anak-anak bermain lebih baik, sehingga kami berhasil mencapai final di nomor ini,” jelasnya.



Mengenai pertandingan final, HM Amkar mengatakan bahwa Jawa Timur merupakan lawan yang tangguh, apalagi tim ini diperkuat oleh para pemain nasional.

“Jawa Timur adalah tim yang kuat. Beberapa pemain kami telah berlatih bersama tim nasional bersama pemain kami. Di final nanti, kami ingin anak-anak bermain dengan tenang agar bisa memberikan yang terbaik,” kata HM Amkar.

Sementara itu, pelatih SepakTakraw Jawa Timur, Oni Diar Akianto, mengatakan bahwa timnya telah menjalankan strategi yang diterapkan sehingga mampu mengalahkan DKI Jakarta. "Kami juga meminta anak-anak untuk bermain dengan tenang dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang bisa menguntungkan lawan di final nanti.” Apalagi, Sulawesi Selatan dihuni oleh pemain-pemain nasional,” kata Oni Diar Akianto.