Jakarta - Beragam peristiwa menarik yang berkaitan dengan hukum dan undang-undang terjadi sepanjang Jumat (11/10). Dari mulai praperadilan Sahbirin Noor hingga tas mewah Dewi Sandra.

Berikut ragam berita menarik yang telah dirangkum .

1. Gubernur Kalsel Sahbirin Noor ajukan gugatan praperadilan

Jakarta - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait penetapan status tersangka terhadap dirinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gugatan praperadilan tersebut didaftarkan pada Kamis (10/10) dengan nomor perkara 105/Pid.Pra/2024/PN JKT.SEL dengan klasifikasi perkara sah atau tidaknya penetapan tersangka.

2. KPK siap hadapi gugatan praperadilan Sahbirin Noor

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor terkait penetapan status tersangka terhadap dirinya.

"KPK akan menghadapi dan mengawal prosesnya melalui Biro Hukum sesuai aturan yang berlaku," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

3. Komnas HAM kutuk serangan Israel di Lebanon lukai dua prajurit TNI

Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mengutuk penyerangan yang dilakukan militer Israel ke Markas Pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL) di Naqoura, Lebanon, Kamis (10/10), yang mengakibatkan dua prajurit TNI terluka.

"Mengutuk penyerangan pasukan TNI sebagai penjaga perdamaian di Lebanon," kata Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

4. Hakim sebut MK berkontribusi mendesain pemilu melalui putusannya

Jakarta - Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Indonesia Daniel Yusmic Foekh mengatakan Mahkamah Konstitusi turut berkontribusi dalam mendesain pemilihan umum (pemilu) melalui berbagai putusan-nya.

"Secara tidak langsung, Mahkamah Konstitusi ikut berkontribusi dalam kaitan dengan desain pemilu melalui putusan-putusan-nya," ujar Daniel dalam webinar bertajuk, "Politik Hukum dan Pemilu: Implikasi Putusan MK terhadap Demokrasi", dipantau dari Jakarta, Jumat.

5. Kejagung serahkan penilaian status tas mewah Sandra Dewi kepada hakim

Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyerahkan penilaian terkait dengan status tas mewah Sandra Dewi kepada majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Pernyataan itu merupakan tanggapan terkait dengan keterangan Sandra Dewi dalam sidang pemeriksaan saksi pada hari Kamis (10/10) yang menyatakan bahwa 88 tas mewah miliknya yang disita terkait dengan dakwaan sang suami, Harvey Moeis, dalam kasus korupsi merupakan hasil endorsement atau iklan